Breaking News
Loading...
Jumat, 04 Januari 2013

Custom Domain Blogger

18.44
Postingan pertama di awal tahun 2013 nih sobat. Semoga di tahun ini Sobat Pakirwan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sekarang pakirwan ingin posting pengalaman sewaktu merubah alamat blog pakirwan menjadi pakirwan.web.id
Blogger adalah layanan blog hosting yang disediakan oleh google. Default url yang diberikan google adalah namablog.blogspot.com namun kita juga bisa menggunakan domain dan hosting yang telah
kita pesan sehingga lebih private. Caranya cukup mudah, sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Setting di Blogspot
Silahkan sobat login ke account blogspot sobat, lalu klik tanda panah ke bawah pada blog yang ingin di setting, kemudian pilih menu setelan/setting. Terlihat seperti gambar berikut:
Gbr 1 pilih Setelan
Setelah itu sobat akan dibawa ke halaman setelan. di bagian penerbitan, silahkan klik link tambahkan domain ubahsuaian.
Gbr 2. klik Tambahkan domain ubahsuaian
Di halaman selanjutnya silahkan masukkan nama domain misalnya www.namadomain.com kemudian klik link “petunjuk setelan” sesuai dengan gambar berikut ini:
Gbr 3. tuliskan nama domain dengan menyertakan www
Setelah itu akan muncul halaman panduan setting DNS.
Gbr 4. CNAME dari google.
Silahkan sobat membuat setting DNS sesuai dengan petunjuk diatas. Setting DNS yang harus dibuat ada dua yaitu A Records dan CNAME Records, Berikut Records yang harus dibuat :
A Records :
Hostname IP TTL
@.namadomain.com 216.239.32.21 14400
@.namadomain.com 216.239.34.21 14400
@.namadomain.com 216.239.36.21 14400
@.namadomain.com 216.239.38.21 14400
CNAME Records :
Hostname Canonical Name TTL
www.namadomain.com ghs.google.com 14400
4ME74TNZAIUA.namadomain.com gv-TANE3GEW7JWX6DXQOTQFZQYQ34IELNFCS5QDUL5AAGQF
4GPWUHYQ.domainverify.googlehosted.com
14400
 * Untuk CNAME Record yang kedua (4ME74TNZAIUA.namadomain.com) harus sesuai dengan panduan yang muncul pada Gbr 4 diatas (yang digarisbawahi) sehingga setiap domain berbeda-beda.

Setelah semua setting DNS selesai, masuk kembali ke blogger.com dan seting kembali sesuai gambar berikut ini:
Gbr 5. klo sudah sobat klik Simpan
Jika sudah benar maka ketika klik tombol “Simpan” tidak ada pesan error yang muncul. Proses perubahan DNS memerlukan waktu propagasi antara 1-24 jam sehingga jika domain yang Sobat setting custom ke blogspot belum bisa diakses kemungkinan proses propagasinya belum selesai dan tinggal menunggu saja.

Semoga postingan ini bermanfaat bagi semua Sobat pakirwan, dan seperti biasa jangan lupa untuk meninggalkan komennya supaya memotivasi dalam posting. :)

avatarPakirwan
Menerima Jasa Setting Mikrotik, Proxy, Networking, Hotspot Pembuatan dan Desain Website, PHP, CMS,CI dan HTML Murni, Visual Programming

4 comments:

 
Toggle Footer