Breaking News
Loading...
Kamis, 08 November 2012

Access Localhost With Free Domain

12.56
Mungkin sobat Pakirwan bertanya-tanya bagaimana kok bisa ya localhost dikases menggunakan domain walaupun itu hanya domain gratisan :) sebetulnya logikanya sangat simple sekali bagaimana agar localhost sobat bisa diakses dari luar ataupun publik yaitu harus harus memiliki IP Publik.Lantas apa sih itu IP Publik? menurut om wikipedia IP Publik adalah alamat publik adalah alamat-alamat yang telah ditetapkan oleh InterNIC dan berisi beberapa buah network identifier yang telah dijamin unik (artinya, tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama) jika intranet tersebut telah terhubung ke Internet.

Tanpa berlama-lama langsung saja ke pembahasannya. Ok sekarang sobat Pakirwan anggap semua sudah memiliki IP Publik dan Router terntunya. Disini Pakirwan anggap sobat memilik IP Publik yang Dynamic (acak/berganti-ganti) maka kita harus setting dulu routernya.

Pertama : Menggunakan modem adsl dengan IP dynamic.
  • Masuk ke modem dengan cara browser ke 192.168.1.1 kemudian masukkan username : admin dan password : admin (ini adalah settingan default dari modem adsl) jika memang sudah pernah di setting maka sobat harus login dengan username dan password yang sobat ganti. Jika lupa reset aja modemnya :) 
  • Pilih Advenced Setup trus NAT
 
  • Pilih PVC2 kemudian klik DMZ
  • Klik DMZ enable dan masukkan IP Localhost sobat

  • Sekarang klik virtual server dan sobat isikan saja sesuai digambar berikut.

  • Jangan lupa untuk portnya disikan sesuai dengan port localhost sobat (default port 80). Selanjutnya kita chek IP internet (publik) yang ada di mode. trus sekarang sobat tinggal daftar disini.
  • Setelah daftar sobat tinggal masukan alamat domain sobat yang baru tadi ke modem seperti berikut
Selanjutnya sobat coba browser alamat domain yang didaftarkan tadi. maka nanti akan tampil halaman localhost dari webserver local sobat disana. pada gambar diatas sengaja dikaburkan demi privasi :)

Untuk cara yang lain akan Pakirwan sampaikan di postingan berikutnya. :)

avatarPakirwan
Menerima Jasa Setting Mikrotik, Proxy, Networking, Hotspot Pembuatan dan Desain Website, PHP, CMS,CI dan HTML Murni, Visual Programming

1 comments:

 
Toggle Footer